Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Menggunakan Folder untuk Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Apakah kamu ingin menjaga privasi dan merahasiakan aplikasi dari orang lain di iPhone-mu? Ada cara bagus untuk melakukannya: menggunakan folder. Selain itu, kamu juga bisa mengorganisir aplikasi dan membuat iPhone-mu terlihat lebih rapi. Berikut ini adalah cara-cara untuk menyembunyikan aplikasi melalui folder pada iPhone-mu.

Membuat Folder Baru

Langkah pertama untuk menyembunyikan aplikasi adalah membuat folder baru. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih salah satu aplikasi di iPhone-mu dan tekan ikonnya selama beberapa detik sampai icon-icon aplikasi bergetar.
  2. Dorong aplikasi tersebut ke aplikasi lain sehingga terbentuklah folder.
  3. Kemudian, beri nama pada folder yang baru saja dibuat tersebut. Kamu bisa mengetikkan nama yang kamu inginkan dengan mengetuk pada tombol kosong yang terdapat pada label folder barunya.
  4. Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi atau beberapa aplikasi yang ada di iPhone-mu, kamu bisa menyeret aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam folder yang baru saja kamu buat.

Dengan membuat folder, kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang berisi berbagai informasi rahasia. Misalnya, folder dapat dibuat dan diberi nama seperti “Aplikasi Finansial” untuk menyimpan aplikasi yang berhubungan dengan keuangan, atau “Aplikasi Kesehatan” untuk menyimpan aplikasi yang berhubungan dengan kesehatanmu. Ini akan membantu kamu untuk lebih mudah dan cepat menemukan aplikasi yang perlu kamu gunakan.

Memasukkan Aplikasi ke Dalam Folders yang Sudah Ada

Jika kamu sudah memiliki folder pada iPhone-mu, kamu bisa menambahkan aplikasi baru ke folder tersebut. Caranya cukup mudah:

  1. Tekan ikon aplikasi yang ingin kamu tambahkan ke dalam folder selama beberapa detik sampai ikon aplikasi tersebut bergetar.
  2. Dorong aplikasi yang kamu pilih ke dalam folder yang ingin kamu gunakan.

Dalam pandangan keluar, kamu mungkin mempertanyakan apakah hanya membuat folder cukup untuk menyembunyikan aplikasi kerahasiaanmu. Sayangnya, jawabannya tidak selalu. Beberapa orang memiliki memori yang luar biasa dan akan menyoroti folder di iPhone-mu sebagai sesuatu yang perlu diperiksa, jadi kamu harus lebih kreatif lagi.

Mengatur Folder Menjadi Tidak Nampak

Anda bisa menjadikan folder yang kamu buat menjadi tidak terlihat di iPhone-mu. Caranya cukup mudah:

  1. Buat beberapa halaman aplikasi dengan cara menambahkan aplikasi ke halaman berikutnya tanpa pembuatan folder.
  2. Pindahkan folder kamu ke halaman kecil di bagian kanan bawah (di bawah lima aplikasi populer yang akan ditampilkan oleh Apple).
  3. Ini akan membuat folder tersebut dihilangkan atau tidak terlihat sepenuhnya dari pandangan pengguna. Kamu bisa menemukannya lagi dengan menggeser ke kanan dari layar pengaturan aplikasi.

Kamu juga dapat mengatur lebih banyak folder pada halaman kedua yang kamu buat, lalu menghapus halaman aplikasi pertama agar folder kamu cukup untuk menjadi tidak terlihat.

Cara Mengembalikan Aplikasi dari Folder

Bagaimana jika kamu ingin membuka kembali aplikasi yang sudah masuk ke dalam folder yang kamu buat? Jangan khawatir, kamu bisa mengembalikannya dengan cara:

  1. Tekan ikon folder dan buka folder.
  2. Tekan juga ikon aplikasi yang ingin kamu kembalikan ke layar utama.
  3. Tahan ikon aplikasi tersebut sampai icon-icon lain pada layar mulai bergetar, dan kemudian geser ikon aplikasi tersebut keluar dari folder dan letakkan di layar utama.

Mudah bukan? Setelah kamu mengetahui cara-cara menyembunyikan aplikasi di iPhone-mu, kamu bisa menjaga privasi-mu lebih baik lagi. Selamat mencoba!

Menggunakan fitur Restrictions untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bisa menyembunyikan aplikasi di iPhone, salah satunya adalah kamu bisa menjaga privasi dan menghindari orang lain untuk mengakses aplikasi yang kamu miliki. Namun, sayangnya Apple tidak mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaannya secara permanen. Namun, tenang saja karena ada cara mudah untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone menggunakan fitur Restrictions. Simak langkah-langkah berikut ini untuk menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan.

1. Aktifkan Fitur Restrictions

Langkah pertama untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah dengan aktifkan fitur Restrictions atau Pembatasan. Caranya, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Umum > Restriksi. Kemudian, kamu akan diminta untuk menciptakan kata sandi terlebih dahulu. Pastikan kata sandi yang kamu gunakan adalah sesuatu yang sulit ditebak dan hanya kamu sendiri yang mengetahuinya. Jangan sampai kamu lupa kata sandi yang kamu buat, karena kamu akan memerlukan kata sandi ini setiap kali ingin membuka fitur Restrictions di iPhone kamu.

2. Pilih Aplikasi yang Ingin Kamu Sembunyikan

Setelah kamu berhasil mengaktifkan fitur Restrictions di iPhone, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Untuk itu, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Umum > Restriksi dan masukkan kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya. Kemudian, kamu akan melihat daftar aplikasi yang terdapat di iPhone kamu. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan dengan menekan tombol on/off di samping nama aplikasi tersebut. Jika tombol itu ditampilkan dalam keadaan mati, itu artinya aplikasi yang kamu pilih tersebut sudah disembunyikan.

3. Sembunyikan Aplikasi dengan Cara Masuk ke App Library

Setelah kamu memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, langkah selanjutnya adalah menyembunyikannya dari tampilan pada layar utama atau home screen iPhone kamu. Caranya, kamu bisa memindahkan aplikasi tersebut ke dalam App Library. App Library adalah layar baru yang ada di iPhone dan berisikan daftar aplikasi yang dimiliki. Untuk memindahkan aplikasi ke dalam App Library caranya cukup mudah. Pertama, kamu harus menekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Kemudian, geser aplikasi itu ke kanan sampai ke layar dengan tanda “+” dan lepaskan. Setelah itu, ikon aplikasi tersebut akan hilang dari tampilan di home screen iPhone kamu, tetapi masih bisa kamu temukan di App Library.

Dengan menggunakan fitur Restrictions, kamu bisa menentukan aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan dari orang lain. Selain menyembunyikan aplikasi, fitur Restrictions juga bisa kamu gunakan untuk membatasi penggunaan aplikasi atau konten tertentu di iPhone. Misalnya saja, kamu bisa membatasi akses ke konten yang tidak sesuai dengan umur anak kamu atau membatasi akses ke aplikasi yang bisa mengakibatkan pemborosan kuota data internet.

Nah, itu dia cara menyembunyikan aplikasi di iPhone dengan menggunakan fitur Restrictions. Kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan agar tidak terlihat oleh orang lain. Semoga bermanfaat!

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone

Bagi sebagian pengguna iPhone, menyembunyikan aplikasi bisa menjadi hal yang sangat penting. Entah karena ingin menjaga privasi atau hanya sekedar menyimpan aplikasi-aplikasi penting tanpa harus terlihat di layar, berbagai cara dilakukan untuk menyembunyikannya. Salah satu cara yang membuat pengguna iPhone sangat mudah dan cepat untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone:

1. App Hider

App Hider merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi di iPhone. Setelah terpasang, aplikasi ini memungkin Anda untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan cepat. Anda dapat memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian aplikasi tersebut akan hilang dari layar seluler Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengunci aplikasi yang tetap terlihat dengan password sehingga tidak sembarang orang dapat membukanya.

Aplikasi ini sangat ringan dan memiliki user interface yang mudah dipahami. Jadi, meski Anda bukan seorang ahli teknologi, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Salah satu keunggulan dari App Hider adalah tidak memakan banyak ruang penyimpanan smartphone Anda.

2. Hide it Pro

Hide it Pro adalah aplikasi pihak ketiga yang sangat populer di kalangan pengguna iPhone. Aplikasi ini dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi, foto, maupun video di iPhone Anda. Selain itu, Hide it Pro juga dilengkapi dengan fitur lain seperti VPN, download manager, dan file manager.

Anda dapat membuka aplikasi ini dengan mengetikkan kode rahasia atau membuat pola yang Anda inginkan sehingga tidak sembarang orang dapat membukanya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dengan mudah tanpa harus membuka aplikasi ganda.

3. Nova Launcher

Nova Launcher merupakan aplikasi pihak ketiga yang sangat populer dan sangat membantu untuk memperbaiki tampilan iPhone Anda. Selain itu, Nova Launcher juga bisa digunakan sebagai opsi untuk menyembunyikan aplikasi yang Anda inginkan. Selain menyembunyikan aplikasi, Nova Launcher juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya, seperti icon pack, night mode, dan gesture control.

Untuk menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan Nova Launcher, Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi yang ingin disembunyikan pada layar utama, kemudian memilih opsi “Hide” atau “Hilangkan”. Aplikasi yang telah di-hide tersebut masih dapat diakses melalui aplikasi Nova Launcher, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan akses ke aplikasi tersebut.

4. Apex Launcher

Apex Launcher juga merupakan aplikasi pihak ketiga yang sangat populer di kalangan pengguna iPhone. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memodifikasi tampilan layar utama iPhone sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, dengan fitur “Hide Apps” yang dimilikinya, Anda bisa dengan mudah menyembunyikan aplikasi yang tidak Anda inginkan.

Untuk menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan Apex Launcher, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian memilih opsi “Hide”. Aplikasi yang telah disembunyikan tersebut tetap berada di iPhone Anda, hanya saja tidak muncul di layar utama.

5. Go Launcher

Go Launcher juga masuk dalam daftar aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Selain menyembunyikan aplikasi, Go Launcher juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti tema yang dapat diunduh, efek-efek animasi, dan banyak lagi.

Cara menyembunyikan aplikasi di Go Launcher cukup mudah. Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian pilih opsi “Hide App”. Setelah itu, aplikasi yang telah di-hide tersebut tidak akan muncul lagi di layar seluler Anda.

Demikian adalah lima aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjaga privasi dan ingin menyembunyikan aplikasi-aplikasi penting di iPhone Anda.

Menggunakan Siri Shortcuts untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone

Banyak pengguna iPhone yang sibuk dengan aktivitasnya, mereka berusaha untuk menjaga privasi dan keamanan data yang dimilikinya. Namun, saat ada orang lain yang mengambil atau meminjam iPhone itu, membuatnya merasa tidak nyaman jika ada aplikasi yang tidak ingin dilihat orang lain. Sebagai solusinya, pengguna iPhone dapat menyembunyikan aplikasi dengan bantuan Siri Shortcuts.

Cara ini bersifat sementara dan perlu dilakukan secara berkala jika pengguna ingin terus menyembunyikan aplikasi tersebut. Sebelum melakukan cara ini, pastikan aplikasi Siri Shortcuts sudah terpasang di iOS. Berikut adalah langkah-langkah cara menyembunyikan aplikasi di iPhone menggunakan Siri Shortcuts:

1. Buka Siri Shortcuts dan buat Shortcut baru

Pertama, buka aplikasi Siri Shortcuts pada iPhone. Kemudian pilih “Create Shortcut” untuk membuat Shortcut baru. Setelah itu, pilih “+ Add Action” untuk menambahkan tindakan. Selanjutnya, pilih “Scripting” dan kemudian pilih “Open App”.

2. Pilih aplikasi yang akan disembunyikan

Pada langkah ini, pengguna diminta untuk memilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Pilih aplikasi tersebut, lalu tekan tombol “Next”.

3. Tambahkan ikon dan teks custom

Setelah memilih aplikasi, pengguna dapat menyesuaikan ikon dan teks dengan tampilan yang sesuai dengan keinginan. Untuk mengubah ikon, pengguna dapat menekan ikon default dan memilih ikon yang diinginkan. Setelah itu, pengguna dapat memberikan nama pada Shortcut. Sekarang, tindakan Shortcut sudah selesai dibuat.

4. Sembunyikan Shortcut di Siri Suggestions

Langkah terakhir adalah menyembunyikan Shortcut agar tidak terlihat di Siri Suggestions. Siri Suggestions menampilkan Shortcut yang sering digunakan oleh pengguna. Jika pengguna tidak ingin Shortcut tersebut terlihat di Siri Suggestions, maka pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut di “Settings”. Caranya dengan memilih “Siri & Search”, lalu pilih “Shortcuts”. Selanjutnya, matikan saklar “Suggest Shortcuts” atau “Suggest Shortcuts on Lock Screen”. Dengan demikian, Shortcut yang telah dibuat tadi tidak akan terlihat oleh orang lain yang mengambil iPhone.

Menggunakan Siri Shortcuts untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone dapat menjadi solusi sementara bagi pengguna yang ingin menjaga privasi dan keamanannya. Namun, sebaiknya pengguna tetap berhati-hati dan tidak menyimpan data-data penting atau rahasia pada aplikasi yang disembunyikan tersebut. Selalu pastikan agar keamanan data pribadi tetap terjaga dengan baik.

Menonaktifkan Siri Suggestions untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone

Bagi pengguna iPhone, menyembunyikan aplikasi tertentu mungkin menjadi kebutuhan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, misalnya ingin membatasi akses pengguna lain ke aplikasi tertentu atau ingin mempertahankan privasi Anda. Bagaimanapun, memilih untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone mungkin bukan hal yang mudah.

Salah satu cara untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah dengan menonaktifkan Siri Suggestions. Siri Suggestions adalah fitur yang memungkinkan Siri memberikan saran aplikasi yang mungkin Anda butuhkan berdasarkan aktivitas atau waktu pada situs tertentu.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, masuk ke menu Settings di iPhone Anda.
  2. Pilihlah Siri & Search dari daftar menu.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  4. Nyalakan tombol Siri Suggestions pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan sehingga menjadi berwarna abu-abu.
  5. Setelah itu, Siri tidak akan lagi memberikan saran untuk aplikasi yang Anda pilih. Aplikasi tersebut masih tetap dapat ditemukan di iPhone, tetapi tidak lagi muncul dalam Siri Suggestions.

Inilah alasan mengapa menonaktifkan Siri Suggestions dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi tertentu di iPhone. Dalam beberapa kasus, menyembunyikan aplikasi ini juga bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga privasi Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika menyembunyikan aplikasi di iPhone. Pertama, Anda tidak akan dapat menghapus aplikasi bawaan. Jadi, jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan seperti Kalkulator, Siri, atau Jam, itu tidak akan memungkinkan.

Kedua, menyembunyikan aplikasi tertentu tidak selalu berhasil. Ada beberapa aplikasi yang masih dapat ditemukan jika Anda melakukan pencarian. Misalnya, jika Anda menyembunyikan aplikasi Facebook, tetapi pengguna lain dengan mudah dapat membuka aplikasi Facebook melalui Siri, maka tujuan Anda untuk menyembunyikan aplikasi tersebut tidak akan tercapai.

Meskipun demikian, menonaktifkan Siri Suggestions sangat mudah dan bisa menjadi solusi terbaik untuk menyembunyikan aplikasi tertentu di iPhone. Anda bisa mendapatkan jaminan privasi yang lebih baik dan dapat dengan mudah mengaktifkan fitur tersebut kembali jika dibutuhkan.

Konklusi?

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone, menonaktifkan Siri Suggestions dapat menjadi cara terbaik. Fitur ini sangat mudah dikonfigurasi dan dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik. Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa tidak semua aplikasi dapat disembunyikan dengan cara ini. Selalu ingat untuk mempertimbangkan keamanan dan privasi Anda saat menggunakan aplikasi di iPhone, dan pertimbangkan opsi lain yang tersedia jika perlu.

Leave a Comment